HomeGaya Hidup5 Tips dan Cara Mengobati Mata Bintitan

5 Tips dan Cara Mengobati Mata Bintitan

Purna Warta – Memiliki mata bintitan pasti mengganggu aktifitas sehari-hari. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan karena hanya disebabkan oleh infeksi bakteri dan tidak berbahaya.

Selain merasa tidak nyaman di area mata, bintitan bisa membuat seseorang jadi kurang percaya diri. Nah, sebelum Anda memutuskan pergi ke dokter, ada beberapa cara mengatasi mata bintitan yang sederhana dan dapat Anda lakukan di rumah.

Langkah-langkah sederhana ini dapat mencegah bintitan makin parah sekaligus mempercepat proses penyembuhan. Berikut adalah cara-cara mengobati mata bintitan:

Cuci Tangan Sebelum Menyentuh Area Mata

Cara pertama untuk menghilangkan bintitan di mata adalah dengan menjaga kebersihan tangan sebelum menyentuh mata. Pasalnya, mata bintitan bisa disebabkan oleh daerah sekitar kelopak mata yang kotor. Kotoran tersebut dapat menyumbat kelenjar pada kelopak mata sehingga timbul bintitan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mencuci tangan sebelum menyentuh mata. Bahkan, sebelum memberikan obat mata—baik tetes atau salep mata—sangat disarankan untuk mencuci tangan dengan bersih sebelumnya.

Bersihkan Mata dengan Air dan Sabun yang Tidak Perih di Mata

Jika sudah mengalami bintitan, menjaga kebersihan daerah sekitar mata menjadi hal yang sangat penting. Anda dapat membersihkan area sekitar mata dengan menggunakan sampo bayi yang tidak menimbulkan rasa perih.

Campurkan sampo bayi dengan air, kapas atau kain. Gunakan untuk membersihkan area bintitan atau area kelopak mata. Lakukan pembersihan teratur tak hanya di area mata yang terkena bintitan, tetapi juga pada kedua mata. Hal ini agar kelopak mata yang satu lagi tetap terjaga kebersihannya dan terhindar dari bintitan serta infeksi lain.

Mencuci Muka dengan Air Hangat

Cuci muka dengan air hangat juga bisa menjadi salah satu cara mengobati mata bintitan, lho. Dengan menggunakan air hangat ketika mencuci muka, sumbatan kelenjar yang sering terjadi pada kasus mata bintitan akan terbuka sehingga dapat membantu mengobatinya.

Garam

Air garam bisa berfungsi untuk mengatasi infeksi bakteri sehingga dalam kasus bintitan, larutan tersebut bisa digunakan. Cara mengobati mata bintitan dengan air garam sama seperti poin sebelumnya, yakni Anda tinggal mencampur garam secukupnya dengan air. Namun ingat, usahakan air garam ini tidak sampai masuk ke mata karena bisa bikin mata perih.

Kompres Hangat

Kompres hangat juga bisa Anda jadikan cara menyembuhkan mata bintitan. Tindakan ini dapat membantu membuka saluran kelenjar pada kelopak mata yang tersumbat. Kompres hangat bisa dibuat dengan menggunakan kapas kosmetik yang direndam dalam air hangat.

Kemudian peras kompres, lalu tempelkan pada kelopak mata dengan kondisi mata tertutup. Lakukan kompres pada mata sebanyak empat kali sehari selama 5-10 menit. Apabila kapas sudah tak hangat lagi, rendam kembali di dalam air hangat.

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 + 18 =