HomeUncategorized'Program Nuklir Iran Adalah yang Paling Transparan di Antara Semua Anggota IAEA'

‘Program Nuklir Iran Adalah yang Paling Transparan di Antara Semua Anggota IAEA’

Teheran, Purna Warta – Duta besar tetap Iran untuk organisasi internasional di Wina mengatakan bahwa program energi nuklir Iran adalah salah satu yang paling transparan di antara yang dijalankan oleh negara-negara anggota Badan Energi Atom Internasional (IAEA). Iran juga tunduk dan patuh pada jumlah inspeksi yang ditetapkan oleh badan tersebut.

“Iran adalah negara paling transparan dalam hal aktivitas nuklirnya. Kami telah menjalani seperlima dari total inspeksi IAEA di dunia, “kata Kazem Gharibabadi dalam wawancara eksklusif dengan situs berita Iran yang teksnya diterbitkan pada hari Minggu (23/11).

Ditanya tentang pernyataan baru-baru ini oleh para penandatangan Eropa untuk kesepakatan nuklir 2015 antara Iran dan enam kekuatan dunia (JCPOA), duta besar Iran mengatakan setelah penarikan sepihak Amerika Serikat dari perjanjian tersebut, pihak-pihak Eropa masih tetap bertahan di dalam kesepakatan itu. Ia hanya menyesali keputusan Washington. Ia juga menyatakan pihaknya tetap akan mengurangi komitmen terhadap JCPOA sebagai bentuk timbal balik atas sikap-sikap Eropa yang tidak komitemn dengan janji-janji JCPOA.

Dalam pernyataan bersama Kamis, tiga penandatangan perjanjian nuklir Eropa (Perancis, Inggris dan Jerman) menegaskan kembali komitmen mereka untuk pelestarian dan implementasi penuh JCPOA. “Kami E3 telah bekerja keras untuk mempertahankan perjanjian tersebut. Kami secara konsisten menegaskan bahwa kami menyesali penarikan AS dari JCPOA dan pengenaan kembali sanksi AS. ”

E3, bagaimanapun, menuduh Iran melakukan “banyak, pelanggaran serius terhadap komitmen nuklirnya” selama satu setengah tahun terakhir. Mereka menyatakan keprihatinan tentang “tindakan Iran, yang melubangi manfaat inti nonproliferasi dari kesepakatan tersebut.”

Pernyataan itu berbunyi, “Sekarang penting bahwa Iran segera membalikkan langkahnya dan kembali ke kepatuhan penuh dengan JCPOA tanpa penundaan lebih lanjut. Kami tetap berkomitmen untuk bekerja dengan semua peserta JCPOA untuk menemukan jalan diplomatik ke depan dan kami bermaksud untuk melanjutkan diskusi ini dalam kerangka JCPOA. ”

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh pada hari Jumat mengutuk sikap “tidak bertanggung jawab” yang diambil oleh tiga negara Eropa, mengatakan ketiganya harus menghentikan permainan menyalahkan politik dan tetap berkomitmen untuk kewajiban mereka berdasarkan kesepakatan.

Baca juga: Komandan IRGC: Bangsa Iran Tetap Kuat Hadapi Tekanan Maksimal AS

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty − 4 =