HomeInternasionalAmerikaAS Nyatakan Darurat Kesehatan Masyarakat Karena Wabah Cacar Monyet

AS Nyatakan Darurat Kesehatan Masyarakat Karena Wabah Cacar Monyet

Washington, Purna Warta –  AS menyatakan darurat kesehatan masyarakat karena wabah cacar monyet. Deklarasi negara AS itu dibuat oleh Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Xavier Becerra pada hari Kamis (4/8).

“Kami siap untuk mengambil tanggapan ke tingkat berikutnya dalam mengatasi virus ini, dan kami mendesak setiap warga Amerika Serikat menganggap cacar monyet dengan serius dan bertanggung jawab untuk membantu kami mengatasi virus ini,” kata Becerra.

Baca Juga : Inggris Umumkan Kenaikan Suku Bunga Terbesar Untuk Antisipasi Resesi

Sekitar seperempat dari ribuan kasus telah diidentifikasi di Negara Bagian New York, yang menyatakan keadaan darurat pekan lalu. California dan Illinois mengikutinya dengan deklarasi darurat hari Senin.

Para ahli telah memperingatkan tindakan cepat diperlukan jika wabah itu harus diatasi pada tahap awal.

Pengamat, sementara itu, percaya bahwa jumlah sebenarnya dari kasus bisa jauh lebih tinggi daripada angka resmi.

Wabah global penyakit ini dimulai pada bulan Mei. Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat lebih awal dari bulan lalu. Setidaknya 26.200 kasus telah dikonfirmasi di seluruh dunia tahun ini.

Penyakit ini memiliki gejala ringan termasuk demam, nyeri dan lesi kulit berisi nanah, kata WHO. Menurut organisasi tersebut, orang cenderung pulih dalam waktu dua hingga empat minggu. Virus ini menyebar melalui kontak fisik yang dekat dan akan berakibat fatal.

Tidak ada kematian yang dilaporkan di Amerika Serikat. Namun, beberapa kasus memerlukan rawat inap karena tingkat rasa sakit yang ekstrem.

Baca Juga : Iran: Bom Atom Tidak Memiliki Tempat Dalam Doktrin Pertahanan Iran

The New York Times melaporkan bahwa presiden AS Joe Biden telah menghadapi tekanan kuat dari pakar kesehatan masyarakat dan aktivis untuk bergerak lebih agresif memerangi cacar monyet.

Lawrence O. Gostin, seorang ahli hukum kesehatan di Universitas Georgetown, menyebutkan deklarasi hari Kamis sebagai “titik balik penting dalam merespon cacar monyet sekarang ini, setelah sebelumnya belum menunjukkan reaksi.”

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × three =