HomeGaya HidupKulinerGado-Gado dan Pecel Masuk Nominasi Salad Tereenak di Dunia

Gado-Gado dan Pecel Masuk Nominasi Salad Tereenak di Dunia

Purna Warta – Indonesia memiliki varian makanan yang begitu banyak dan beraneka ragam. Dunia kuliner yang ada di Indonesia menjadi sebab tujuan para wisatawan luar negeri untuk berkunjung ke Indonesia.

Salad identik sebagai makanan sehat yang kaya vitamin dan mineral serta rendah akan kandungan lemak serta kalori. Tidak heran, salad biasanya jadi pilihan utama sebagai menu makanan sehat dan juga orang-orang yang sedang berdiet.

Tidak melulu ala Western, Indonesia sendiri memiliki jenis salad dengan sentuhan kearifan lokal, yakni gado-gado dan pecal. Siapa sangka, dua menu tersebut ternyata masuk dalam daftar jenis salad terenak di dunia versi Taste Atlas.

Melansir laman resmi Taste Atlas, Minggu (31/7/2022) terlihat gado-gado berhasil menduhduki peringkat 24 dari 50 jenis salad, membawahi jenis salad Ardei Copti asal Rumania dan Askordoulakous asal Yunani.

Sementara itu, pecel terlihat lebih unggul dengan berada di posisi ke-13 membawahi salad Mizeria asal Polandia. Posisi nomor satu, sebagai salad terlezat di dunia dipuncaki oleh Ovcharska dari Bulgaria.

Pecel dan gado-gado sendiri merupakan makanan khas Jawa dan Jakarta. Keduanya berisi beragam macam rebusan sayuran yang sama-sama disiram dengan bumbu kacang. Dua makanan sehat dan murah meriah ini bisa ditemui dan juga bahkan dimasak sendiri di rumah dengan mudah.

Patut berbangga, masuknya dua menu asli Indonesia, gado-gado dan pecel ke daftar salad terenak di dunia menambah panjang prestasi kuliner Indonesia ke ranah internasional.

Sebelumnya, makanan khas Sumatera Barat, rendang juga masuk jadi salah satu makanan terenak di dunia selama delapan tahun berturut-turut.

 

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

six + six =