HomeGaya HidupKesehatanMinyak Goreng yang Cocok untuk Diet dan Turunkan Berat Badan

Minyak Goreng yang Cocok untuk Diet dan Turunkan Berat Badan

Purna Warta – Sering kali kita berpikir bahwa minyak goreng yang biasa kita gunakan untuk menggoreng makanan khususnya membuat bakwan atau bala-bala sebagai batas minyak goreng.

Ada juga jenis-jenis minyak goreng yang bermanfaat dan cocok untuk melakukan diet dan menurunkan berat badan.

Berikut ragam jenis minyak goreng yang bisa digunakan untuk memaksimalkan diet penurunan berat badan.

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh dan lemak jenuh dalam jumlah yang cukup. Minyak ini dianggap sangat baik untuk memasak makanan, terutama jika bertujuan untuk menurunkan berat badan.

Sebagaimana dilansir WebMD, minyak zaitun juga membantu menurunkan tekanan darah Anda dan melawan peradangan. Ini menurunkan risiko penyakit jantung dengan meningkatkan kesehatan pembuluh darah Anda dan mencegah pembekuan darah.

Jenis minyak zaitun extra-virgin (EVOO) juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel.

2. Minyak canola

Minyak canola mengandung jumlah antioksidan yang lebih sedikit dibandingkan dengan minyak zaitun.

Minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal dalam jumlah yang cukup dan memiliki sedikit lemak omega-3, yang baik untuk kesehatan. Minyak canola bagus untuk menggoreng dan menumis.

3. Minyak kelapa

Meskipun mengandung lemak jenuh, minyak kelapa disebut juga baik untuk menurunkan berat badan.

Minyak jenis ini diekstrak dari inti kelapa sehingga mengandung trigliserida rantai menengah, yang merupakan asam laurat untuk membantu menurunkan berat badan.

Sebagaimana dilansir Times of India, sebuah studi juga menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan bahkan memiliki beberapa manfaat kesehatan yang mengejutkan.

Minyak kelapa mengandung 6 persen lemak tak jenuh tunggal dan 87 persen lemak jenuh.

4. Minyak alpukat

Minyak alpukat adalah pilihan bagus lainnya untuk memasak makanan saat Anda mencoba mengurangi berat badan. Minyak alpukat juga dikenal dapat meningkatkan kadar kolesterol karena kandungan kalium dan vitamin B di dalamnya.

Minyak ini dapat digunakan untuk menumis dan memasak dengan api besar. Bila memakannya dengan sayuran, ini dapat meningkatkan jumlah antioksidan, mencegah peradangan dan meredakan gejala radang sendi.

5. Minyak almond

Minyak almond tinggi lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Minyak almond olahan memiliki titik asap tinggi, sehingga bagus untuk memasak dengan panas tinggi seperti membakar.

Minyak almond mentah memiliki rasa pedas dan paling baik digunakan sebagai saus salad atau disiram di atas pasta.

Baca juga: Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 + four =