HomeNasionalJokowi Resmi Lantik 6 Menteri dan 5 Wakil Menteri Baru

Jokowi Resmi Lantik 6 Menteri dan 5 Wakil Menteri Baru

Jakarta, Purna Warta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik 6 menteri dan 5 wakil menteri (wamen) kabinet Indonesia Maju, hasil dari reshuffle (perombakan) kabinet. Pelantikan dilakukan di Istana Negara Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Adapun pelantikan para menteri berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 133/P tahun 2020 tentang Pengisian dan Penggantian Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia maju periode tahun 2019-2024.

Sementara untuk wakil menteri, berdasarkan Keppres Nomor 76/M tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024. Keppres ditetapkan di Jakarta dan mulai berlaku mulai 23 Desember 2020.

Pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan keputusan Presiden tentang pengangkatan menteri dan wakil menteri sisa jabatan periode 2019-2024. Jokowi kemudian memimpin sumpah jabatan, yang kemudian diikuti 6 menteri dan 5 wakil menteri. Mereka berjanji akan menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian petikan sumpah yang dibacakan Jokowi dan diikuti oleh pejabat yang dilantik.

Dalam reshuffle kabinet kali ini, Jokowi mengisi dua posisi yang kosong lantaran pejabat sebelumnya tersandung kasus korupsi. Dia juga mengganti beberapa kementerian dengan pemain baru.

Selain itu, Jokowi menambah tiga jabatan wakil menteri di kabinet Indonesia Maju. Tiga jabatan baru itu antara lain, Wakil Menteri Kesehatan, Wakil Menteri Pertanian, dan Wakil Menteri Hukum dan HAM.

Pelantikan terpantau menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19). Baik Jokowi, para menteri dan wamen yang dilantik, serta pejabat negara yang hadir memakai masker dan menjaga jarak.

Berikut 6 menteri baru yang dilantik Jokowi:

  1. Menteri Sosial: Tri Rismaharini
  2. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Salahudin Uno
  3. Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin
  4. Menteri Agama: Yaqut Cholil Qoumas
  5. Menteri Kelautan dan Perikanan: Wahyu Sakti Trenggono
  6. Menteri Perdagangan: Muhammad Luthfi

Sementara itu, 5 wakil menteri yang dilantik Jokowi antara lain:

  1. Wakil Menteri Pertahanan: Letjen TNI M. Hendardi
  2. Wakil Menteri Hukum, dan HAM: Edward Komar Syarief Hiariez
  3. Wakil Menteri Kesehatan: Dante Saksono Harbuwono
  4. Wakil Menteri Pertanian: Harfiq Hasnul Qolbi
  5. Wakil Menteri BUMN I: Pahala Nugraha Mansyuri

Baca juga: Jokowi Dan Ma’ruf Amin Umumkan 6 Menteri Baru di Kabinet Indonesia Maju

 

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 − twelve =