HomeLainnyaOpini & CeritaDomba Texel Termahal di Dunia Terjual 7,2 Miliar

Domba Texel Termahal di Dunia Terjual 7,2 Miliar

Lanark, Purna Warta – Harga domba yang biasa ketahui berkisaran mulai dari 1 juta rupiah hingga 3 juta rupiah ke atas. Namun, jarang sekali kita mendengar bahkan mengetahui ada jenis domba yang memiliki harga sangat fantastis dan hanya yang mampu membelinya dari kalangan sultan saja.

Seekor domba texel bernama Double Diamond dinobatkan menjadi domba termahal di dunia karena berhasil terjual senilai 490.000 dollar AS (Rp 7,2 miliar). Domba tersebut terjual dalam sebuah lelang di Lanark, Skotlandia, dan dianggap “sempurna secara genetik” sebagaimana dilansir dari Oddity Central, Minggu (31/8/2020). Domba jenis texel memang biasa terjual ratusan ribu dollar AS dalam pelelangan.

Itu karena domba texel diakui memiliki daging yang tanpa lemak dan memiliki wol yang bagus. Dalam pelelangan bernama tersebut, Double Diamond menarik perhatian seluruh peternak Inggris.

Bahkan sebelum pelelangan dimulai, sejumlah peternak mencoba menawar domba itu agar bisa dibawa pulang. Domba tersebut akhirnya berhasil dibawa pulang oleh tiga peternak yang berhasil menawar dengan harga tertinggi.

Ketiga peternak itu sepakat untuk patungan untuk memenangi Double Diamond. Salah satu peternak tersebut, Jeff Aiken, mengatakan sangat gembira membawa pulang Double Diamond. “Kami tahu domba itu akan menjadi sesuatu yang sangat istimewa. Dia luar biasa, didukung oleh semua genetika terbaik,” kata Aiken.

Dia menambahkan ada tujuh hingga delapan orang yang berebut menginginkan Double Diamond. Itulah yang menyebabkan harganya semakin melambung. Sebelum pelelangan dimulai, Aiken dan peternak lainnya telah berkongsi untuk membawa pulang domba itu secara patungan. Namun persaingan memperebutkan domba itu berjalan sangat ketat. Akhirnya ada orang ketiga yang ikut dengan kelompok Aiken.

Adanya orang ketiga membuat keuangan kelompok Aiken menjadi semakin kuat untuk terus menawar Double Diamond. Jadiah ketiga peternak itu berhasil mengalahkan peserta lelang lain, menawar 350.000 dollar AS (Rp 7,2 miliar), dan membawa domba itu pulang.

Baca juga: Sabun Termahal di Dunia dan Melebihi Harga Motor Nmax

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve − four =