HomeLainnyaKarikatur – Mantan Utusan PBB untuk Yaman ternyata Miliki Hubungan dengan Intelijen...

[KARIKATUR] – Mantan Utusan PBB untuk Yaman ternyata Miliki Hubungan dengan Intelijen Inggris

Sebuah situs jurnalisme investigasi mengungkap bahwa mantan utusan khusus PBB untuk Yaman, Martin Griffiths, terkait dengan agen mata-mata Inggris MI6 melalui perusahaan resolusi konflik swasta Inter Mediate.

Menurut laporan Declassified UK, diplomat Inggris, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Kemanusiaan itu adalah salah satu pendiri dan penasihat perusahaan, yang juga memiliki hubungan dengan Kementerian Luar Negeri dan dikenal karena memiliki sejumlah mantan militer Inggris dan tokoh diplomatik di antara para wali dan penasihatnya.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 2011 oleh Griffiths dan Jonathan Powell, mantan kepala staf Tony Blair. Powell telah menjadi kepala eksekutif Inter Mediate sejak pendiriannya.

Powell dan Inter Mediate telah menjalankan berbagai proyek yang didanai oleh Kementerian Luar Negeri di negara-negara seperti Burma, Libya, dan Korea Utara.

Deklasifikasi menemukan 23 pembayaran yang dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri kepada perusahaan tersebut dari tahun 2013 hingga 2020.

Dalam email yang diungkapkan oleh pemerintah AS, Powell menulis bahwa Inter Mediate dekat dengan MI6.

Dia memberi tahu seorang pembantu senior Hillary Clinton, yang saat itu menjabat menteri luar negeri AS, pada Maret 2012 bahwa “kami bekerja sama dengan FCO (Foreign and Commonwealth Office), NSC (National Security Council) dan SIS (Secret Intelligence Service) di London.”

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen − 6 =