HomeInternasionalAmerikaMaduro Siap Mundur dari Jabatan dengan Satu Syarat

Maduro Siap Mundur dari Jabatan dengan Satu Syarat

Caracas, Purna Warta – Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengatakan dia siap mundur dari jabatannya jika partainya kalah dari oposisi dalam pemilihan parlemen mendatang.

“Jika kami menang, kami akan terus maju, tetapi saya juga harus mengatakan bahwa nasib saya ada di tangan Anda. Jika oposisi menang, saya akan mundur dari jabatan presiden. Jika oposisi memenangkan pemilu, saya tidak akan lagi tetap di sini, nasib saya ada di tangan rakyat Venezuela, “kata pemimpin Sosialis itu dalam pidato yang disiarkan televisi seperti dikutip kantor berita Sputnik, Rabu.

Pemilihan parlemen Venezuela dijadwalkan berlangsung pada hari Minggu.

Sekitar 107 partai politik dan asosiasi akan memperebutkan kursi parlemen.

Meskipun tokoh oposisi Juan Guaido telah memboikot pemilihan parlemen, banyak kekuatan oposisi lainnya akan berpartisipasi dalam pemilihan tersebut, termasuk beberapa anggota blok Guaido sendiri.

Guaido secara sepihak mendeklarasikan dirinya sebagai presiden sementara Venezuela pada Januari 2019. Kemudian, ia melancarkan kudeta yang gagal meskipun mendapat dukungan penuh dari Amerika Serikat.

Amerika Serikat telah menjatuhkan berbagai sanksi ekonomi terhadap perusahaan dan pejabat Venezuela.

Pemerintah Venezuela mengatakan tekanan AS dan kampanye Guaido adalah bagian dari skema untuk menggulingkan presiden sayap kiri itu dan mengakses cadangan minyak dan gas negara Amerika Latin yang kaya itu, yang termasuk yang terbesar di dunia.

Baca juga: Bermain dengan Anjing, Biden Cedera Kaki

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

11 − nine =