HomeGaya HidupTrenAyo Terapkan Langkah ini untuk Wujudkan Resolusimu di Tahun Baru

Ayo Terapkan Langkah ini untuk Wujudkan Resolusimu di Tahun Baru

Purna Warta – Tahun 2020 telah berlalu dan berakhir, sekarang kita telah memasuki tahun baru 2021 dengan segala tantangan dan cobaan di masa pandemi ini. Tahun baru merupakan saat yang tepat untuk memulai langkah baru. Buat resolusi yang ingin Anda capai dan mulai mewujudkannya pada tahun baru 2021.

Resolusi merupakan tujuan atau harapan besar yang ingin dicapai di masa depan. Resolusi ini bisa diwujudkan dengan langkah-langkah kecil, komitmen, dan ketekunan.

Berikut 7 langkah membuat dan mewujudkan resolusi tahun baru.

1. Tetapkan tujuan

Tetapkan tujuan besar, mimpi, atau cita-cita yang ingin dicapai. Jangan takut untuk bermimpi setinggi mungkin. Percayalah tak ada yang tak bisa diraih jika sudah memiliki tekad dan niat.

Anda bisa memimpikan punya rumah baru, pekerjaan baru, atau bahkan memiliki kekasih.

2. Buat langkah-langkah kecil

Setelah menetapkan tujuan besar, buat langkah-langkah kecil untuk mewujudkan tujuan tersebut. Misalnya, Anda punya tujuan untuk memiliki rumah baru. Maka, langkah-langkah kecil yang dibuat adalah menyiapkan dana dan mencari lokasi yang diinginkan.

Langkah-langkah kecil ini juga bisa dibagi lagi menjadi langkah yang lebih kecil dan mudah dicapai. Misalnya, untuk menyiapkan dana maka yang perlu dilakukan adalah menabung setiap bulan atau menambah penghasilan.

3. Mulai dari langkah yang paling kecil

Untuk mewujudkan mimpi tersebut, mulailah dari langkah yang paling kecil dan mudah, lalu lanjutkan secara bertahap. Dengan mewujudkan langkah kecil secara bertahap, cita-cita besar akan terasa lebih realistis.

4. Tetapkan tenggat waktu

Tetapkan tenggat waktu agar Anda lebih fokus dan mimpi lebih terukur. Jadikan tenggat waktu ini sebagai penyemangat untuk bisa mencapai mimpi-mimpi Anda.

5. Beri penghargaan

Beri penghargaan untuk diri Anda yang sudah mampu menyelesaikan setiap langkah kecil. Cara ini juga dapat membuat Anda bersemangat kembali mencapai tujuan yang besar. Ingatlah tujuan yang besar bakal memberikan penghargaan yang jauh lebih besar.

Penghargaan yang bisa Anda berikan untuk diri Anda misalnya makan makanan yang nikmat, pijat, atau bahkan liburan.

6. Komitmen

Dalam perjalanan, Anda akan menemui sejumlah hambatan maupun rintangan. Hambatan ini merupakan masalah biasa yang juga dijumpai oleh setiap orang dalam jalan menuju kesuksesan. Tetap jaga komitmen Anda.

7. Bangkit lagi

Jangan surut maupun patah semangat. Belajarlah dari kesalahan dan kegagalan setiap hendak mencoba langkah baru. Yakini bahwa Anda sudah dekat dengan mimpi anda.

Baca juga: 5 Faktor Penting yang Perlu Diketahui Buat Calon Pemimpin

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × one =