HomeGaya HidupKesehatanApa Saja Penyebab Bayi Muntah ? Inilah Alasannya

Apa Saja Penyebab Bayi Muntah ? Inilah Alasannya

Purna Warta – Sebagian orang tua suka merasa bingung dan tak tahu harus berbuat apa ketika melihat bayinya muntah secara mendadak dan tanpa sebab. 6 Penyebab bayi muntah penting untuk diketahui oleh semua orang tua, tidak hanya ibu tetapi juga oleh ayah.

Muntah pada bayi adalah hal wajar jika terjadi sesekali. Tapi, harus jadi perhatian apabila si kecil kerap kali muntah alias terus muntah berulang kali. Nah, kalau begini mungkin saja 15 penyebab bayi muntah bisa menjadi biang keladinya.

Penyebab bayi muntah memang beragam, mulai dari hal ringan yang tidak menyebabkan masalah berlanjut atau bisa juga jadi gejala serius yang harus mendapat pertolongan medis lebih lanjut.

Bicara soal penyebab paling sering kenapa bayi muntah, mengutip laman resmi NHS, Jumat (5/8/2022) gastroenteritis disebut jadi penyebab paling umum bayi mengalami muntah. Ini adalah infeksi usus yang biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri, yang juga menyebabkan diare.

Saat muntah-muntah, bayi akan berisiko tinggi mengalami dehidrasi parah dan terkadang bisa menjadi tanda dari sesuatu yang lebih serius seperti meningitis.

Nah, agar Anda sebagai orangtua lebih memahami kenapa bayi muntah dan bisa menanganinya dengan tepat dan cepat. Berikut uraian singkat 15 penyebab bayi muntah.

1. Gastroenteritis: Penyebab paling umum kenapa bayi muntah, merupakan infeksi usus akibat virus atau bakteri yang biasanya sembuh dalam beberapa hari.

2. Alergi makanan: Ya, faktor satu ini juga bisa menyebabkan bayi muntah. Alergi bukan hanya membuat bayi muntah, tapi juga kulit ruam, merah, dan gatal yang rasanya tidak nyaman.

3. Infeksi: Selain gastroenteritis, penyebab bayi muntah lainnya akibat infeksi adalah infeksi saluran kemih atau ISK, infeksi telinga tengah, pneumonia, atau meningitis.

4. Radang usus buntu: Radang usus buntu atau Apendisitis adalah pembengkakan usus buntu yang menyakitkan. Jika kondisinya terus memburuk, biasanya perawatan intensif akan direkomendasikan dokter

5. Keracunan: Ini juga penyebab lain mengapa bayi muntah lain, harus diwaspadai para orangtua.

6. Intoleransi susu: Perlu diagnosis tepat untuk tahu apakah bayi Anda memang intoleransi susu atau tidak, karena ini bisa jadi penyebab sang buah hati muntah-muntah.

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 − three =