HomeGaya HidupKesehatan8 Cara Simple Atasi Migrain Ala Pengobatan Rumahan

8 Cara Simple Atasi Migrain Ala Pengobatan Rumahan

Jakarta, Purna Warta – Migrain adalah sakit kepala yang sering banget kita alami dalam kehidupan sehari – hari. Biasanya migrain disertai rasa mual juga kepekaan terhadap cahaya dan suara, penyebabnya adalah rasa stress, pengaruh makanan dan minuman.

Cobalah pengobatan alami yang bisa Anda lakukan di rumah, inilah cara simple untuk menghadapi migrain.

1. Perhatikan Pola Makan

Pola makan berperan penting dalam mencegah migrain. Banyak makanan dan minuman yang diketahui sebagai pemicu migrain, seperti daging anjing, daging deli, bacon, sosis, bahkan cokelat.

Untuk mengetahui makanan dan minuman apa saja yang memicu migrain Anda, buatlah jurnal makanan harian. Catat semua yang Anda makan dan bagaimana reaksinya.

2. Oleskan minyak lavender

Menurut penelitian tahun 2012, orang yang menghirup minyak lavender selama 15 menit serangan migrain mengalami kelegaan lebih cepat daripada mereka yang menghirup plasebo. Minyak lavender bisa dihirup langsung atau dioleskan ke pelipis.

3. Coba akupresur

Akupresur adalah praktik memberikan tekanan dengan jari dan tangan ke titik-titik tertentu di tubuh untuk menghilangkan rasa sakit dan gejala lainnya. Sebuah studi mengungkap bahwa akupresur dapat membantu meredakan mual terkait migrain.

4. Gunakan feverfew

Feverfew adalah ramuan bunga yang terlihat seperti bunga aster. Ini adalah obat tradisional untuk migrain yang dipercaya tanpa efek samping.

5. Oleskan minyak peppermint

Menurut sebuah studi, mentol dalam minyak peppermint dapat menghentikan migrain. Studi tersebut menemukan bahwa mengoleskan larutan mentol ke dahi dan pelipis lebih efektif daripada plasebo untuk nyeri migrain, mual, dan sensitivitas cahaya.

6. Gunakan jahe

Jahe dikenal dapat meredakan mual yang disebabkan oleh berbagai kondisi, termasuk migrain. Menurut penelitian, bubuk jahe menurunkan tingkat keparahan dan durasi migrain dengan efek samping yang lebih sedikit.

7. Tambahkan magnesium ke dalam makanan Anda

Kekurangan magnesium bisa menyebabkan sakit kepala dan migrain. Studi menunjukkan bahwa suplementasi magnesium oksida membantu mencegah migrain. Ini juga dapat mencegah migrain terkait menstruasi. Anda bisa mengonsumsi telur, susu, kacang almond, atau kacang mete untuk menambah magnesium.

8. Lakukan pijat

Penelitian menunjukkan bahwa pijat dapat mengurangi stres. Ini juga membantu menurunkan detak jantung, kecemasan, dan tingkat kortisol.

Baca juga: Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven + four =