HomeGaya HidupKesehatan5 Tips Mudah Menghilangkan Plak Gigi

5 Tips Mudah Menghilangkan Plak Gigi

Purna Warta – Plak gigi salah satu masalah yang sering di alami seseorang terhadap giginya dan kebanyakan dari mereka tidak merawat giginya dengan baik dan benar.

Tak hanya memperburuk penampilan, plak di gigi juga dapat membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, plak gigi harus rutin dihilangkan. Ada banyak cara menghilangkan plak gigi.

Plak adalah zat selaput yang berasal dari penumpukan bakteri dan sisa makanan. Plak biasanya menumpuk di di sela-sela gigi maupun di bawah garis gusi. Plak membuat gigi berwarna kekuningan. Jika dibiarkan, plak dapat merusak gigi dan gusi.

Berikut cara menghilangkan plak gigi.

1. Menyikat gigi

Cara terbaik untuk menghilangkan plak adalah dengan menyikat gigi dua kali sehari. Pastikan semua bagian gigi termasuk bagian belakang disikat. Gunakan sikat gigi lembut yang diganti setiap tiga hingga empat bulan sekali.

2. Gunakan benang gigi

Gunakan bantuan benang gigi untuk menjangkau area yang tak bisa disikat. Gosokkan benang gigi di antara sela-sela gigi. Benang gigi efektif untuk menghilangkan plak di antara dua gigi.

3. Berkumur-kumur

Berkumur-kumur dapat membantu menghilangkan bakteri di mulut yang dapat berkembang menjadi plak gigi.

4. Gunakan minyak kelapa

Gunakan minyak kelapa atau minyak zaitun untuk menghilangkan plak. Oleskan minyak di sekitar gigi dan biarkan selama 20-30 menit.

Dikutip dari Healthline, minyak ini dapat memperkuat gigi, mencegah kerusakan gigi, menenangkan sakit gusi, dan menghilangkan plak.

5. Soda kue

Soda kue atau juga dapat menjadi pembersih alami. Gunakan soda kue atau pasta gigi yang mengandung soda kue untuk menghilangkan plak gigi. Soda kue memiliki sifat abrasif yang baik untuk menghilangkan bakteri.

Baca juga: 5 Makanan yang Mengandung Vitamin A

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 − 4 =