HomeGaya HidupKesehatan3 Cara Mencegah Penyakit Hepatisis

3 Cara Mencegah Penyakit Hepatisis

Purna Warta РKesehatan adalah hal utama dan paling penting kita harus perhatikan. Menjaga pola makan dan pola istirahat salah satu cara terbaik untuk kestabilan badan. Hepatisis merupakan penyakit yang menyerang organ hati. Di Indonesia, kasus Hepatitis masih terbilang tinggi. Pasalnya, secara sadar atau tidak, banyak penyebab hingga penularan yang mengakibatkan penyakit seseorang terkena penyakit Hepatitis.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja upaya pencegahan agar tidak terkena penyakit Hepatitis. Sekecil apapun upaya pencegahan tentunya dapat memutus penyebaran Hepatitis.

Berikut 6 cara untuk mencegah terkena penyakit Hepatitis.

1. Vaksin Hepatitis

Guna mencegah terkena Hepatitis bisa memakai vaksin Hepatitis. Selain diberikan pada bayi, vaksin hepatitis juga bisa diberikan kepada orang dewasa sesuai dosis yang dianjurkan.

Vaksin Hepatitis sangat berfungsi untuk membentuk antibodi pada orang yang beresiko terinfeksi penyakit Hepatitis.

Nantinya, antibodi tersebut akan melawan virus Hepatitis bila sewaktu-waktu masuk ke dalam tubuh. Namun, sejauh ini, baru terdapat vaksin untuk dua jenis virus Hepatitis, yaitu Hepatitis A dan Hepatitis B.

2. Rajin mencuci tangan

Pencegahan penularan penyakit Hepatitis yang paling sederhana adalah dengan membiasakan diri untuk rajin mencuci tangan.

Sebab, mencuci tangan mampu membunuh virus penyakit, termasuk Hepatitis. Anda bisa gunakan air mengalir dengan sabun atau juga bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol agar virus mati.

3. Menjaga kebersihan

Kebiasaan untuk selalu menjaga kebersihan tidak hanya mencegah Anda dari penularan penyakit Hepatitis, namun juga dari penyakit-penyakit menular lainnya.

Apalagi, bagi Anda yang memang tinggal di lingkungan yang memiliki resiko tinggi adanya penularan penyakit Hepatitis, khususnya Hepatitis A dan E yang penularannya sangat mudah.

Selain kebersihan lingkungan, Anda juga harus menjaga kebersihan makanan yang dikonsumsi. Sebaiknya, usahakan untuk konsumsi makanan dan minuman yang matang, bersih, dan diolah dengan higienis. Bila Anda makan di luar, pilihlah makanan yang dijamin matang.

Beberapa makanan mentah, seperti kerang juga cenderung berisiko menjadi medium berkembangnya virus penyebab Hepatitis.

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 − two =