HomeNasionalPresiden Jokowi Peringkat 12 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Presiden Jokowi Peringkat 12 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Purna Warta – Presiden Joko Widodo kembali masuk daftar 50 besar tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia tahun 2021 versi The Muslim 500. Jokowi naik peringkat dari sebelumnya yang berada di peringkat 13.

Di daftar ini, Jokowi bersanding dengan tokoh-tokoh di Timur Tengah seperti Pangeran Mohammed bin Zayed Al-Nahyan dari Uni Emirat Arab hingga Raja Salman dari Arab Saudi.

Pada profilnya, Jokowi disebut memiliki latar sebagai “politisi bersih”. Budaya blusukan juga disorot oleh The Muslim 500.

Jokowi dipuji sebagai “pemimpin jujur” yang mengawal suksesnya Asian Games 2018 di Jakarta.

“Situs The Muslim 500 untuk edisi 2021 atau The Muslim 500: The World’s 500 Most Influential Muslims 2021 telah mempublikasikan Presiden Joko Widodo berada di urutan ke-12 tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia,” kata Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman, melalui keterangan tertulis, Rabu (16/12/2020).

Fadjroel menyebutkan, Jokowi masuk daftar tokoh Muslim paling berpengaruh versi The Muslim 500 sejak tahun 2015.

Bahkan, kata dia, selama masuk daftar tersebut, Jokowi selalu menembus peringkat 20 besar. “Pemerintah mengapresiasi penghargaan dunia tersebut,” ujar Fadjroel.

Fadjroel mengklaim, di Indonesia pemerintahan Jokowi terus menggelorakan semangat toleransi, keberagaman, kebinekaan, persaudaraan, dan kepedulian terhadap sesama tanpa memandang suku, ras, agama, dan keyakinan.

“Sebagai semangat perjuangan kemanusiaan bangsa Indonesia dalam bergotong-royong menghadapi pandemi Covid-19 di seluruh dunia,” kata dia.

Ada dua tokoh Indonesia lainnya yang masuk 50 besar Muslim paling berpengaruh di dunia. Mereka yakni Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj di peringkat 18, serta tokoh NU Habib Luthfi bin Yahya di peringkat 32.

Baca juga: Cerita Mimpi Bertemu Rasulullah, Haikal Hassan Dipolisikan

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 − seven =