HomeNasionalPeristiwaAliansi Serikat Buruh Longmarch dari Bogor ke Jakarta

Aliansi Serikat Buruh Longmarch dari Bogor ke Jakarta

Jakarta, Purnawarta – Aksi longmarch atau jalan kaki jarak jauh dilakukan oleh aliansi serikat buruh dari Puncak Pass Bogor, Jawa Barat menuju Jakarta.

Mereka menuntut pemerintah membatalkan kenaikan harga BBM dan mencabut UU Cipta Kerja (Ciptaker).

Pantauan di lokasi, Kamis (22/9/2022), massa buruh tampak tiba di kawasan Patung Kuda pukul 17.04 WIB. Mereka terlihat datang dari arah Jalan MH Thamrin, Jakpus.

“Kita lakukan (longmarch) Selasa (20/9) pada pukul 08.00 WIB di Puncak Pass Bogor. Alhamdulillah 3 hari kami melakukan perjalanan,” kata Koordinator Nasional Aliansi Serikat Buruh Bersatu 1001, Ajat Sudrajat.

Massa membawa sejumlah tuntutan. Mereka menuntut kenaikan harga BBM dibatalkan karena memicu kenaikan harga barang.

“Empat tuntutan yang kami sampaikan, pertama tolak kenaikan dan batalkan harga BBM. Kedua, stabilisasi harga kenaikan harga bahan pokok karena sudah tidak wajar kenaikannya. Ketiga, cabut UU Omnibuslaw tanpa syarat dengan mengeluarkan Perppu atau klaster ketenagakerjaan dikeluarkan,” kata Ajat.

“Empat, kami meminta untuk menghentikan revisi RUU KUHP yang sedang digodok di DPR RI, karena tidak sangat memperdulikan serikat buruh dan masyarakat. Itu tuntutan kami,” sambungnya.

Sebelumnya, sejumlah elemen buruh lain telah tiba terlebih dahulu di Patung Kuda pukul 12.23 WIB. Jalan Medan Merdeka Barat menuju Istana juga telah ditutup karena ada demo.

Lokasi Patung Kuda tampak sudah dijaga oleh pihak kepolisian, terlihat juga kendaraan petugas yang sudah siap siaga.

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen + 20 =