HomeMediaFoto - Harta Karun Palestina Bernama Mosaik Era Bizantium

[FOTO] – Harta Karun Palestina Bernama Mosaik Era Bizantium

Harta Karun Palestina Bernama Mosaik Era Bizantium
Harta Karun Palestina Bernama Mosaik Era Bizantium

PurnaWarta – Mosaik lantai berornamen burung dan hewan warna-warni yang ditemukan di Gaza oleh seorang Palestina tak disangka berasal dari era Bizantium, kekaisaran Rimawi kuno. (REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa)

Sang petani, Salman al-Nabahin, menggali relik tersebut bersama anaknya enam bulan lalu saat bekerja di kebun zaitunnya di kamp pengungsi Bureij, sekitar 1 kilometer dari perbatasan Israel. Mulanya, ia penasaran kenapa beberapa akar pohon tidak tumbuh dengan baik. Saat menggali, kapak anaknya mengenai sesuatu yang keras (REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa)

“Saya mencari di internet … Kami mengetahui bahwa itu adalah mosaik milik era Bizantium,” kata ayah tujuh anak itu, “Saya melihatnya sebagai harta karun, lebih berharga daripada harta karun. Itu bukan milik pribadi, itu milik setiap orang Palestina.” (REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa)

Kementerian Pariwisata dan Purbakala Palestina mengatakan lantai itu mencakup beberapa panel mosaik yang menggambarkan hewan dan fitur kehidupan sosial lainnya selama era Bizantium. (REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa TPX IMAGES OF THE DAY)

Daerah Gaza diketahui kaya dengan barang antik karena menjadi tempat perdagangan penting di peradaban Mesir kuno dan Filistin yang digambarkan dalam Alkitab, hingga kekaisaran Romawi dan perang salib. (REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa)

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × one =