HomeLainnyaOpini & CeritaUrgensi Pendidikan Karakter untuk Anak-anak

Urgensi Pendidikan Karakter untuk Anak-anak

PurnaWarta — Anak-anak adalah penerus sebuah bangsa. Ketika generasi tua sudah tiada maka yang akan meneruskannya adalah generasi muda dan belia di masa kini. Maka dari itu pendidikan IQ dan EQ anak-anak sangatlah penting untuk diperhatikan.

Dikutip dari halaman Kaskus, untuk membentuk generasi bangsa yang berkualitas, maka penting sekali untuk memajukan pendidikan. Tak hanya melatih pendidikan dalam hal akademis seperti membaca atau menulis saja. Akan tetapi, generasi penerus bangsa juga perlu mendapatkan pendidikan karakter. Kita wajib menyadari betapa pentingnya pendidikan karakter untuk mencetak generasi unggulan.

Mengetahui Pentingnya Pendidikan Karakter Sejak Dini

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak sekali kemajuan yang dihadirkan dalam berbagai hal. Salah satunya yaitu dalam bidang pendidikan.

Jika anak tidak ditanamkan pendidikan sejak kecil, maka dikhawatirkan anak akan terpengaruh dengan kerusakan zaman yang banyak terjadi.

Sebagai orang tua, kita wajib melakukan hal yang terbaik untuk anak. Tujuannya agar anak bisa menjadi generasi yang berkualitas, pintar, dan berpendidikan.

Pendidikan karakter anak termasuk salah satu proses pembentukan karakter atau kepribadian seorang anak yang sangat penting. Hal tersebut akan menjadi bekal hingga anak tumbuh menjadi dewasa nanti. Hingga sang anak mampu menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat.

Pendidikan karakter ini melibatkan tiga hal. Antara lain yaitu pendidikan pengetahuan, perasaan, dan juga tindakan. Dengan adanya 3 aspek ini, pendidikan karakter anak bisa bekerja dengan lebih efektif.

Tujuan Pendidikan Karakter

Pada dasarnya, tujuan utama dari pendidikan karakter bagi anak yaitu untuk membangun bangsa yang tangguh. Jadi, masyarakatnya memiliki akhlak yang baik, bermoral, bertoleransi, beragama dan bergotong-royong.

Nah, dalam mencapai tujuan tersebut maka seorang anak harus ditanamkan nilai-nilai pembentuk karakter yang berasal dari berbagai macam sumber. Mulai dari agama, Pancasila, hingga budaya.

Berikut ini merupakan nilai-nilai pembentuk karakter yang harus ditanamkan pada setiap diri anak;

Disiplin

Kejujuran

Toleransi

Kerja keras

Mandiri

Kreatif

Rasa ingin tahu

Demokratis

Semangat

Religius

Bersahabat

Ramah

Bermasyarakat

Kepedulian

Tanggung Jawab

Berbagai macam upaya yang dilakukan dalam membentuk karakter ini tidak hanya perlu diterapkan di lingkungan sekolah aja.

Akan tetapi pembentukan karakter anak juga harus melalui pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya dalam lingkungan keluarga dan lingkungannya.

Maka dari itu, setiap orang tua atau tenaga pendidik wajib mengetahui, paham, dan mengerti tentang pentingnya pendidikan karakter bagi anak sejak usia dini.

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − 18 =