HomeLainnyaOpini & CeritaPer Jam 20 Dollar, Ini Syarat Kerja jadi Pemetik Buah di Australia

Per Jam 20 Dollar, Ini Syarat Kerja jadi Pemetik Buah di Australia

PurnaWarta — Mendapatkan pekerjaan yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang merupakan impian dari setiap orang dewas. Naasnya sekarang di Indonesia masih kekurangan lapangan pekerjaan. Jika tidak mendapatkan pekerjaan di dalam negeri, mengapa kita tidak pergi ke luar negeri saja. Misalnya menjadi pemetik buah di Australia dengan gaji fantastis.

Dilansir dari kerjadiaustralia.com, Peluang Kerja di perkebunan Australia terbuka lebar dikarenakan kebutuhan masyarakat Australia untuk konsumsi sehari-hari. Sebagai bentuk dukungan penuh pemerintah Australia terhadap sektor pertanian, pemerintah Australia membuka lapangan pekerjaan untuk para pekerja dari negara lain termasuk pekerja Indonesia, baik itu permanen atau jangka pendek untuk bisa kerja di perkebunan Australia untuk meningkatkan tingkat produksi sektor pertanian mereka.

Peluang inipun bisa terbilang menggiurkan dikarenakan jumlah bayarannya yang terbilang menggiurkan. Anda bisa mendapatkan 10 hingga 20 dolar per jamnya tergantung dari jenis komoditas perkebunan apa yang anda petik.

Namun sebelum anda memutuskan untuk bekerja diperkebunan Australia setelah mendengar kabar diatas, perlu diingat bahwa pemerintah Australia SANGAT SELEKTIF dalam menerima pekerja asing untuk bekerja di Australia dan jika anda tidak mengikuti peraturan yang berlaku maka bisa berdampak langsung hingga keluarga anda.

PEKERJAAN DI PERKEBUNAN

Sebelum anda memutuskan untuk mengajukan permohonan visa Australia demi bisa bekerja di perkebunan. Ada baiknya anda mengecek Skilled Occupation List (SOL) terlebih dahulu.

SOL adalah daftar yang dikeluarkan oleh pemerintah Australia berisi pekerjaan – pekerjaan apa saja yang kekurangan tenaga terampil dan membutuhkan tenaga terampil dari luar Australia untuk memenuhi kebetuhan pekerja terampil itu sendiri.

SOL sendiri dipilah menjadi dua, pekerjaan jangka panjang (MLTSSL) atau pekerjaan jangka pendek (STSOL).

Berikut ini pekerjaan dibidang perkebunan yang tercantum pada SOL tahun 2017 (berlaku hingga Juni 2018):

  1. Aquaculture Farmer,
  2. Cotton Grower,
  3. Flower Grower,
  4. Fruit or Nut Grower,
  5. Grain,Oilseed or Pasture Grower,
  6. Grape Grower.
  7. Mixed Crop Farmer,
  8. Sugar Cane Grower,
  9. Vegetable Grower / Market Gardener,
  10. Crop Farmers.

VISA UNTUK KERJA DI PERKEBUNAN AUSTRALIA

Saat ini banyak agen yang menawarkan untuk kerja di perkebunan Australia sebagai pemetik buah, bahkan ada yang mengatakan akan memberikan visa kerja resmi. Namun sebaiknya hal tersebut dicermati terlebih dahulu karena Pemerintah Australia tidak memberikan Visa Kerja untuk jika kerja di perkebunan Australia sebagai pemetik buah.

Kebanyakan agen yang nakal akan memberikan visa turis asal Anda bisa masuk ke Australia (yang biasanya bekerja selama 3 bulan), namun pastinya (secara hukum) anda tidak akan diperkenankan untuk bekerja dengan turis visa.

Apabila hal ini dilanggar dan Anda over stay (tinggal lebih lama dari masa berlaku visa) karena keinginan untuk bekerja disana, maka kasus akan semakin rumit dan merugikan diri sendiri. Karena akan ada kecenderungan anda akan digaji rendah dikarenakan anda tidak memiliki perlindungan hukum, belum lagi harus kucing-kucingan dengan pihak berwajib.

Apabila tertangkap, proses hukum akan memakan banyak waktu dan biaya yang ujung-ujungnya akan memupuskan harapan untuk dapat bekerja di Australia.

Untuk itulah jika anda ingin bekerja di perkebunan Australia secara legal, anda harus mengetahui visa yang tepat untuk anda. Working Holiday Visa dan variannya adalah visa yang biasa digunakan para pekerja muda yang ingin berlibur sembari mencari pengalaman bekerja di Australia dalam waktu 12 bulan.

Untuk itulah jika anda ingin bekerja di perkebunan Australia secara legal, anda harus mengetahui visa yang tepat untuk anda. Working Holiday Visa dan variannya adalah visa yang biasa digunakan para pekerja muda yang ingin berlibur sembari mencari pengalaman bekerja di Australia dalam waktu 12 bulan.

Berikut ini adalah persyaratan untuk layak mendapatkan Working Holiday Visa secara umum:

  1. Berusia minimal 18 dan maksimal 30 tahun,
  2. Minimal memiliki ijazah D3,
  3. Mampu menunjukkan kemampuan bahasa Inggris yang mencukupi (IELTS diatas 4,5)
  4. Mampu menunjukkan bukti keuangan diatas AUD 7500,
  5. Menunjukan surat rekomendasi dari Departemen Imigrasi Indonesia

Pelajari secara detail apa saja varian dari Working Holiday Visa dan apa saja persyaratannya dengan mengklik tombol dibawah ini!

KAMI BUKAN PJTKI ATAU SEJENISNYA. KAMI ADALAH AGEN IMIGRASI RESMI AUSTRALIA YANG BEROPERASI SESUAI DENGAN KODE ETIK DAN PROFESI YANG DITENTUKAN DEPARTEMEN IMIGRASI AUSTRALIA.

BAGAIMANA JIKA SAYA TIDAK LAYAK UNTUK MENDAPATKAN WHV?

Dengan penuh hormat kami menyarankan anda untuk mencari negara lain sebagai tujuan anda untuk bekerja di perkebunan. Anda bisa menghubungi PJTKI dikota anda atau bisa mencari informasi melalui kantor dinas ketenagakerjaan didaerah anda.

Bekerja di perkebunan Australia tanpa melalui jalur resmi atau legal akan merugikan anda, karena anda bisa tersandung permasalahan-permasalahan yang bisa menyebabkan anda dilarang untuk memasuki Australia.

Selain itu bekerja di perkebunan Australia melalui jalur ilegal merugikan pihak penyedia lapangan kerja di Australia. Mereka akan dianggap membantu menyembunyikan imigran gelap dan akan mengalami kesulitan untuk menerima imigran lainnya untuk bekerja disana.

Dengan bekerja di perkebunan Australia mengikuti peraturan imigrasi yang berlaku. Tidak hanya anda bisa mendapatkan pengalaman berharga dan gaji yang menggiurkan, namun anda membuka kesempatan untuk bermigrasi ke Australia jika keadaan anda setelah mengikuti program Working Holiday Visa mendukung untuk mendapatkan visa kerja Australia jangka panjang lainnya.

Maka kami sarankan anda untuk berpikir matang-matang sebelum memutuskan untuk bekerja di perkebunan Australia atau menerima tawaran untuk bekerja di perkebunan Australia dari sumber yang tidak bisa diverifikasi keresmiannya.

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 + 16 =