HomeLainnyaOpini & CeritaPendidikan Anak: Cara Menjawab Pertanyaan Anak

Pendidikan Anak: Cara Menjawab Pertanyaan Anak

Purna Warta — Anak-anak mempunyai rasa ingin tahu yang besar. Mereka haus akan sesuatu yang baru. Ini merupakan hal yang bersifat fitri pada anak. Justru apabila anak tidak banyak tanya maka kita harus mencari tahu penyebabnya.

Ayah dan Bunda, pada hari ini kita akan membahas tentang pertanyaan anak dan bagaimana kita harus bersikap. Nah, anak banyak bertanya itu bagus loh. Hanya saja mungkin ada sebagian dari Ayah dan Bunda yang tidak senang dengan anak yang banyak tanya. Justru kita harus mengapresiasi mereka. Ini semua supaya anak-anak kita mempunyai pengetahuan yang cukup untuk menghadapi dunia ini. Tujukan apabila kita bahagia apabila anak bertanya.

Selanjutnya adalah hadapi pertanyaan anak-anak dengan rasa sabar. Mungkin Ayah dan Bunda, suatu hari, akan mendapati begitu banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh anak-anak kita dan Ayah dan Bunda dalam keadaan banyak masalah atau capek, namun tetap Ayah dan Bunda harus menjawabnya dengan sabar dan tenang. Jangan sampai berkata sesuatu yang bisa membuat semangat mereka untuk bertanya menjadi redup.

Yang lainnya adalah menjawab pertanyaan anak sesuai usia mereka dan harus memberikan jawaban yang tepat dan benar. Jangan menyampaikan jawaban yang terlalu berat dan tidak sesuai dengan usia mereka serta jangan sampai berbohong. Lalu, buatlah jawaban kita sedemikian rupa sehingga mengapresiasi anak-anak kita untuk senantiasa berpikir. Tidak kalah penting, Ayah dan Bunda juga harus menjawab pertanyaan anak-anak dengan penuh cinta, lembut, dan kasih sayang.

Baca juga: Kisah Teladan Sayidah Fathimah Az-Zahra di Hari Pernikahannya

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 4 =