HomeLainnyaIslamiCinta Menurut Ali bin Abi Thalib Kwj (Part 3)

Cinta Menurut Ali bin Abi Thalib Kwj (Part 3)

Purna Warta — Pada bagian ini, kita akan membahas bagaimana tanda-tanda cinta yang hakiki menurut Sayidina Ali sang Pintu Ilmu Nabi. Untuk teman-teman yang belum membaca part 1 dan 2, silahkan untuk merujuk ke pembahasan sebelumnya.

Tanda-Tanda Hakiki Cinta Menurut Sayidina Ali ra

“Barang siapa yang mencintai kamu maka ia akan mencegahmu (dari berbuat buruk)

“Rasa suka bisa nampak dari lisan dan rindu serta cinta bisa dilihat dari mata”.

“Cinta sejati bisa diketahui ketika dalam kesempitan dan kesusahan.”

Di akhir tulisan ini penulis mengutip sebuah sabda Nabi Yusuf as bahwa cinta adalah derita. Yang mana hal ini beliau rasakan sendiri sehingga ia harus terpisah dari Ayah yang ia cintai dan ia harus masuk dalam bui karena wanita yang ia cintai, semua ini adalah derita cinta.

Penjaga bui berkata pada Yusuf “Aku mencintaimu”, Yusuf as berkata padanya “Setiap apa yang aku lakukan adalah dari cinta dan kasih. Bibiku karena mencintaiku, mencuriku. Saudar-saudaraku tak suka padaku karena kecintaanku pada ayahku dan wanita mulia yang aku sayangi menjebloskanku ke bui.”

Wahai sahabat, kenalilah cinta dari sumber yang memang terjaga dari kesalahan dan kekeliruan. Supaya sahabat tidak tersesat oleh cinta yang sudah menjadi bagian dalam kehidupan kita. Dan Sayidina Ali bin Abi Thalib kwj adalah salah satu sahabat utama Nabi yang juga merupakan pintu ilmu sang Nabi.

Baca juga: Cinta Menurut Ali bin Abi Thalib Kwj (Part 2)

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve + 7 =