HomeInternasionalYamanSelangkah Lagi, Militer dan Komite Rakyat Yaman Rebut Marib

Selangkah Lagi, Militer dan Komite Rakyat Yaman Rebut Marib

Sanaa, Purna Warta – Koresponden di Yaman menjelaskan gerak maju militer dan komite rakyat Yaman di provinsi Marib, wilayah timur Sanaa.

Beberapa jam yang lalu, militer dan komite rakyat Yaman berhasil mengambil alih mayoritas wilayah pinggiran provinsi Marib di tengah adu senjata sengit dengan militan bayaran dan koalisi Saudi. Kini milliter dan komite rakyat Yaman berada di wilayah paling dekat dengan wilayah Abdrabbuh Mansur Hadi, dukungan Riyadh. Demikian al-Akhbar al-Yemeni melaporkan, 10/12.

Berdasarkan laporan tersebut, militer dan komite rakyat Yaman berhasil merebut wilayah kuasa koalisi Saudi yang terletak di antara distrik Jabal Murad dan kota Marib.

Beberapa koresponden militer di provinsi Marib menjelaskan bahwa militer dan komite rakyat Yaman mengoperasikan serangan besar ke markas koalisi Saudi di dua wilayah termasuk, Rahoum. “Mereka berhasil mengambil kontrol di sana,” tegasnya.

Para sumber tersebut juga memprediksi serangan selanjutnya melawan militer Abdrabbuh Mansur Hadi. Militer dan komite rakyat Yaman akan segera mengontrol penuh Marib.

Provinsi Marib adalah pusat operasi koalisi Saudi menyerang sipil dan wilayah Yaman. Marib adalah pusat kontrol rudal.

Laporan al-Akhbar al-Yemeni menambahkan bahwa meskipun serangan juga didukung oleh jet tempur, namun militer dan komite rakyat Yaman tetap sukses memukul mundur mereka. Militer dan komite rakyat Yaman juga berhasil mengambil seluruh persenjataan yang ditinggal hingga militer Saudi lari dari daerah tersebut.

Mengutip analisa beberapa pakar militer, al-Akhbar al-Yemeni memprediksi, “Dalam beberapa hari ke depan, militer dan komite rakyat Yaman akan mendekati kompleks pemerintahan Abdrabbuh Mansur Hadi.”

Sebelumnya tersebar kabar tentang keberhasilan militer pemerintah penyelamatan nasional Yaman membebaskan markas strategis Mas di provinsi Marib.

Pangkalan Mas adalah pangkalan kuasa aliansi Ikhwan al-Muslimin, partai Islah di provinsi Marib. Pangkalan tersebut adalah daerah paling dekat dengan kota Marib.

Baca juga: Pesan Rahasia AS ke Yaman

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 2 =