HomeInternasionalEropaMacron Sekali Lagi Ancam Politisi Lebanon

Macron Sekali Lagi Ancam Politisi Lebanon

Paris, Purna Warta – Emmanuel Macron, Presiden Prancis mengancam politikus Lebanon bahwa tidak akan ada bantuan tanpa pemerintahan baru.

Ia sekali lagi mengancam bahwa bantuan internasional ke Lebanon akan bergantung pada pembentukan pemerintahan baru.

“Politisi Lebanon harus membentuk pemerintahan baru secepat mungkin, jika tidak, tidak akan ada bantuan untuk Lebanon,” Macron, berbicara pada pertemuan internasional kedua tentang penggalangan dana dan pengobatan untuk Lebanon pada Rabu malam.

Dia mengatakan dalam konferensi tersebut, yang direkam oleh perwakilan Inggris dan pejabat Lebanon, termasuk Presiden Lebanon Michel Aoun, bahwa dana di bawah Bank Dunia akan disiapkan untuk bantuan kemanusiaan ke Lebanon.

“Kami tidak akan mundur dari perlunya reformasi di Lebanon dan penyelidikan ledakan pelabuhan Beirut, dan saya akan segera pergi ke Lebanon,” kata presiden Prancis itu.

Sejak pemboman pelabuhan Beirut pada tanggal 4 Agustus, yang menghancurkan pelabuhan dan menyebabkan kerusakan parah pada rumah dan gedung perkantoran di ibu kota Lebanon, presiden Prancis telah mengunjungi negara itu dua kali dan memberikan tekanan pada pejabat pemerintah dan politisi Lebanon. Mereka diancam untuk membentuk pemerintahan baru dalam waktu satu bulan, jika tidak maka tidak akan ada bantuan keuangan ke Lebanon.

Di bawah tekanan yang sama, Mustafa Adib, Duta Besar Lebanon untuk Jerman yang juga memiliki kewarganegaraan negara Prancis dan didukung oleh Istana Elysee, dicalonkan untuk membentuk kabinet, tetapi gagal membentuk kabinet baru sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan Paris. Dia secara resmi mengundurkan diri dari misi tersebut, dan presiden Lebanon menyetujui permintaannya.

Mantan Perdana Menteri Saad al-Hariri, kepala Gerakan Masa Depan Lebanon saat ini, ditugaskan untuk membentuk kabinet, tetapi dia juga menemui jalan buntu dalam membentuk pemerintahan dan sejauh ini gagal membentuk kabinetnya sendiri.

Baca juga: Bashar al-Jafari: AS Terlibat dalam Kejahatan Rezim Zionis

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one + 6 =