Kabul, Purna Warta – Seorang jurnalis televisi swasta Afghanistan Malala Maiwand ditembak mati bersama sopirnya oleh penyerang tak dikenal di provinsi timur Nangarhar pada Kamis (10/12).

Attaullah Khogyani, juru bicara gubernur mengatakan para penyerang menembaki mobil Malala Maiwand, segera setelah dia meninggalkan rumahnya.

Baca juga: Joe Biden dan Kamala Harris Raih “Person of The Year 2020” dari Time

Kepala media tempat Malal bekerja, Zalmai Latifi, menyalahkan ‘musuh negara‘ atas pembunuhan itu dan mengatakan saluran itu telah menerima ancaman pembunuhan.

Sampai saat ini, belum ada organisasi yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Ini adalah pembunuhan kedua jurnalis di Afghanistan dalam sebulan terakhir.

Selain bekerja sebagai presenter TV dan radio, Malala adalah seorang aktivis sosial yang mengadvokasi hak-hak perempuan dan anak Afghanistan.

Baca juga : Bom Mobil Tewaskan 30 Personel Keamanan Afghanistan

Sebelumnya pada 29 November, sebuah pemboman mobil di provinsi Ghazni di Afghanistan tengah menewaskan sedikitnya 30 anggota pasukan keamanan Afghanistan. Pejabat pasukan keamanan Afghanistan mengatakan ledakan itu menargetkan kompleks pasukan perlindungan publik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × four =