HomeGaya HidupWisata5 Fakta Unik Dusun Semilir

5 Fakta Unik Dusun Semilir

Jakarta, Purna Warta – Salah satu objek wisata yang di Jawa Tengah, wisata Dusun Semilir ditutup sementara karena telah abaikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah setempat yaitu terjadinya kerumunan di lokasi sehingga bisa membahayakan dan menambah kasus COVID-19. Di sisi lain, objek wisata ini lagi banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Berikut data dan fakta tentang objek wisata Dusun Semilir di Bawen, Semarang, Jawa Tengah itu:

1. Bangunan Menyerupai Stupa Borobudur

Salah satu daya tarik di Dusun semilir yaitu bangunan utamanya, konsep Candi Borobudur. Ada tujuh buah stupa menjadi satu. Lantai pertama digunakan untuk pusat oleh-oleh, sedangkan lantai duanya adalah restoran dengan konsep fine dining. Dari sini wisatawan bisa melihat pemandangan pegunungan di sekitar objek wisata.

2. Lokasi Strategis

Dusun Semilir berada di exit Tol Semarang-Bawen, hanya 300 meter dari hiruk pikuk perkotaan. Dusun Semilir atau yang berarti desa sejuk memang menjadi tempat yang pas untuk menikmati keindahan alam.

3. Menggabungkan Konsep Modern dan Tradisional

Selain punya kawasan instagramable, wahana prosotan warna warni sepanjang 30 meter dan restoran indahnya, ada sentuhan konsep tradisional di Dusun Semilir. Dengan alam pedesaannya, ada fasilitas misbar atau layar tancap yang kini jarang sekali kita temui.

Namun pada panggungnya, terkadang juga digunakan untuk acara-acara. Misalnya pertunjukan atau konser musik. Ada pula pasar malam dengan aneka kuliner.

4. Kapasitas dibatasi 50%

Dusun Semilir membatasi kapasitas pengunjung hingga 50% saat libur panjang. Bussiness Development Manager Dusun Semilir, Ajris Sufata, mengatakan jika sudah mencapai 3.000 pengunjung maka pihak pengelola akan menyetop pembukaan tiket agar tak terjadi kerumunan. Pengecekan suhu badan juga dilakukan dua kali. Menurut Ajris, wisatawan yang bersuhu di atas 37 derajat langsung dipulangkan.

5. Ditutup Sementara pada Minggu (29/11)

Pada penerapannya, kawasan wisata Dusun Semilir yang memiliki pengunjung yang berkerumun akhirnya ditutup sementara oleh kepala Satpol PP Kabupaten Semarang.

Sebelumnya sudah ada teguran lisan dan tulisan terkait adanya kerumunan yang berada di Wisata Dusun Semilir saat akhir pekan. Penutupan tersebut sesuai dengan Perbup 65 tahun 2020 tentang penegakan hukum protokol kesehatan.

Baca juga: Rekomendasi Destinasi Wisata di Taiwan

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight − 8 =