HomeGaya HidupKulinerSayap Ayam Goreng Saus Ikan ala Vietnam, Bikin Ketagihan

Sayap Ayam Goreng Saus Ikan ala Vietnam, Bikin Ketagihan

Jakarta, Purna Warta – Sering kali kita bosan bahkan bingunh mau masak apa hari ini dan seterusnya. Apalagi bagi kalian yang belum terlalu bisa memasak, tapi jangan khawatir Kamu bisa nikmati menu sayap ayam goreng saus ikan ala Vietnam dengan nasi hangat. Selain bisa dikonsumsi bersama keluarga, resep ini juga bisa jadi ide untuk berjualan.

Berikut ini resep dan cara membuatnya secara lengkap, seperti dikutip dari akun Instagram @resepazakitchen, Rabu (2/12/2020).

Bahan Saus Ikan:

– 2 sdm air jerik nipis/lemon

– 1 sampai 2 sdm kecap ikan

– 3 sdm gula pasir

– Cabai sesuai selera

– 10 siung bawang putih dicincang kasar

– Daun seledri sesuai selera

– 500 gr sayap ayam pilih yang kecil

– 1 sdt jahe parut

– 1 sdt garam

– 1/2 sdt bawang putih bubuk

– 1/2 sdt kaldu bubuk

– 1/4 sdt merica

– 5 sdm tepung maizena

Cara Membuat:

1. Siapkan 500 gram sayap ayam.

2. Tambahkan jahe parut secukupnya, garam, bawang putih bubuk, kaldu bubuk, merica ke dalam ayam. Campurkan semua bumbu hingga merata, lalu marinasi selama 30 menit.

3. Siapkan 10 siung bawah putih, blender/cincang kasar, lalu digoreng menggunakan minyak hingga menguning. Setelah menguning, tiriskan bawangnya.

4. Siapkan mangkuk, masukkan gula pasir, air jeruk nipis, kecap ikan, dan cabai lalu dicampur. Setelah itu masak saus ikan hingga mengental.

5. Lumuri ayam dengan tepung maizena, kocok hingga terbalur semua dengan rata. Setelah itu goreng ayam hingga kecoklatan, lalu tiriskan.

6. Selagi panas, pindahkan ayam ke wadah, lalu masukkan bawang yang telah digoreng dan saus ikan. Campurkan semua. Setelah tercampur berikan daun seledri secukupnya.

7. Siap disajikan.

Baca juga: Warung Rekomendasi Mie Kocok Bandung di Jakarta

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 + 19 =