HomeGaya HidupKulinerKuliner Khas Ikan Bandeng di Sukaharjo

Kuliner Khas Ikan Bandeng di Sukaharjo

Jakarta, Purna Warta – Kabupaten Sukoharjo punya sederet oleh-oleh khas dari olahan ikan bandeng. Anda wajib tahu dan bisa mencicipinya saat liburan ke Sukoharjo. Ya, ikan bandeng biasanya identik dengan olahan presto atau otak-otak bandeng.

Anik Ristiani Amiroh, 46, pemilik brand Bandeng Patera, Kartasura, Sukoharjo. Warga Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, ini mengolah bandeng hingga menghasilkan belasan menu unik yang menggugah selera. Produksi olahan bandeng ini dengan brand Bandeng Patera dijual di warung makan Jl Latar Putih 1 Nomor 18 Saripan, Makamhaji.

Aneka menu Bandeng Patera antara lain olahan frozen homemade nugget tiga jenis masing-masing stik, sayur, dan kaki naga. Lantas bakso, rolade, sosis berbahan baku bandeng. Selain menu frozen tersedia pula bandeng selimut, pepes, lumpia, bandeng presto, otak-otak hingga satai ikan bandeng.

bandeng

Selain daging bandeng asli Juwana untuk beragam variasi menu, pemilik Bandeng Patera Kartasura juga memanfaatkan tulang bandeng untuk ia buat kerupuk. Dari segi rasa, tak perlu diragukan lagi.

Sebab, seluruh olahan bandeng ini tanpa MSG atau penyedap rasa maupun bahan pengawet, sehingga selain bernilai gizi tinggi juga sehat. Harga tiap menunya pun ramah buat kantong, yakni mulai dari Rp16 ribu hingga Rp20 ribu untuk bandeng presto.

Baca juga: Menu Makanan Siang Simple Untuk Manjakan Lidah Keluarga

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × four =