HomeGaya HidupKesehatanTips kesehatan yang Beredar di Internet Tak Selalu Benar

Tips kesehatan yang Beredar di Internet Tak Selalu Benar

Jakarta, Purna Warta – Di zaman yang penuh kecanggihan teknologi, manusia bisa mendapatkan suatu informasi dengan mudah dan cepat. Media sosial adalah salah satu tempat rujukan terbaik dalam membantu dan menyelesaikan problematika di masa kini.

Tak bisa dipungkiri perkembangan internet membuat informasi apapun kini mudah ditemukan. Termasuk beragam tips kesehatan yang kerap dicari seseorang berdasarkan masalah kesehatan yang tengah dialaminya.

Tapi faktanya tak semua tips kesehatan yang beredar di internet itu benar atau efektif. Tips yang baik seharusnya berasal dari keterangan ahli gizi atau bersumber penelitian. Ahli gizi asal Sydney sekaligus peneliti The Nude Nutritionist, Lyndi Cohen menyoroti hal ini.

Berikut 3 tips kesehatan terburuk yang ada di internet menurut ahli gizi Lyndi Cohen:

1. Jangan makan karbohidrat dan buah kalau tidak mau gemuk

Buah-buahan Ini Punya Karbohidrat Tinggi untuk Gantikan Nasi! : Okezone Lifestyle

Beberapa orang meyakini tidak boleh makan karbohidrat dan buah supaya tidak gemuk, namun tips kesehatan ini keliru. Cohen menyebut dua bahan makanan ini justru sangat diperlukan untuk memelihara kesehatan yang optimal.

“Alih-alih menyingkirkan karbohidrat, buang tips kesehatan terburuk dari pola makan Anda dan Anda akan jauh lebih sehat,” katanya. Pilih sumber karbohidrat dan buah yang kaya serat dan tak tinggi gula, misalnya bijian utuh, kacang-kacangan, dan buah sebagai camilan.

Berbagai jenis buah, menurut Cohen, perlu dikonsumsi sehari-hari untuk mendapat banyak asupan vitamin dan mineral. Ia tidak menganjurkan pengecualian terhadap satu atau beberapa jenis buah. Cohen mengatakan buah adalah camilan ideal saat kamu ngidam makanan manis.

2. Pilih makanan ‘pembakar lemak’ supaya cepat kurus

Manfaat Kecantikan dari Teh Peppermint - Fashion & Beauty Liputan6.com

Kamu mungkin sering dengar ada makanan yang disebut bisa membakar lemak. Makanan ini jadi incaran pelaku diet yang ingin berat badan turun lebih cepat. Faktanya makanan pembakar lemak seperti cuka apel, minyak kelapa, hingga green tea, tidak terlalu efektif.

Cohen justru menyarankan makan makanan yang membuat kamu puas dan kenyang lebih lama alih-alih hanya mengandalkan sifat ‘pembakar lemak’. Makanan yang disarankan Cohen adalah bijian utuh, buah, sayur, dan kacang-kacangan.

“Konsumsi makanan yang memberi Anda energi yang Anda butuhkan untuk secara konsisten menggerakkan tubuh dengan gembira,” tambah Cohen. Tidak ada salahnya selalu menyimpan berbagai buah dan sayur segar sebagai stok di rumah.

3. Tubuh perlu detoks

Tips Diet Detoks untuk Keluarkan Racun Berbahaya dalam Tubuh, Ginjal Semakin Sehat! : Okezone LifestyleTips kesehatan terburuk di internet selanjutnya adalah soal detoks. Disebut-sebut tubuh perlu didetoks atau dibersihkan supaya kesehatan selalu optimal. Namun hal ini dianggap tidak tepat oleh Cohen.

Menurutnya alih-alih ‘buang duit’ untuk detoks, lebih baik belajar masak makanan sehat di rumah. Detoks bisa dilakukan tanpa membeli produk mahal seperti teh pencahar atau jus detoks.

“Cara terbaik untuk ‘detoks’ adalah meningkatkan asupan serat kamu, tambahkan oat, bijian dan kacang, lima atau lebih porsi sayur per hari dan minum cukup air putih,” jelas Cohen. Ia juga menyanggah klaim air lemon sebagai pendetoks efektif.

Baca juga: 5 Camilan Terbaik dan Bikin Kamu Ketagihan

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen − 3 =