HomeGaya HidupKesehatanKetahuilah Cara Pakai Balsam Disaat Badan Anda Pegal

Ketahuilah Cara Pakai Balsam Disaat Badan Anda Pegal

Purna Warta – Ketika bahu, lengan atau kaki Anda sedang merasakan pegal, biasanya Anda akan segera mengoleskan balsam, dikarenakan rasa panas balsam akan menyerap ke kulit Anda akan merasakan rasa nyaman dan nyeri pegal terasa hilang.

Dikarenakan sensasi hangat itu seolah memberi efek pijat yang menyenangkan. Entah sugesti atau benar-benar ampuh, bagian tubuh yang pegal pun kembali nyaman setelah diolesi balsam.

Tapi, apakah mengoles balsam ke tubuh dibolehkan secara medis?

Dokter spesialis bedah orthopedi, konsultan sendi bahu dan siku di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), Erica Kholinne mengatakan tak ada larangan penggunaan balsam pada area tubuh yang terasa pegal.

Hanya saja, Erica tidak menyarankan penggunaan balsam untuk metode urut tanpa penanganan dokter. Terutama saat mengalami cedera yang cukup parah. Jika bahu, lengan, kaki atau anggota tubuh lain cedera, sebaiknya langsung dikonsultasikan ke dokter.

Balsem hanya boleh digunakan untuk pegal-pegal. Bukan untuk mengurut luka atau cedera. Mengurut cedera justru bisa membuatnya semakin parah dan sulit untuk disembuhkan.

“Kalau cedera, sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit. Bukan ke tukang urut, Balsam tidak masalah, selama dioleskan untuk menghilangkan pegal, bukan untuk cedera terutama cedera karena injury,” kata dia.

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × one =