HomeGaya HidupKesehatanKegunaan Wortel untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Kegunaan Wortel untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Purna Warta – Wortel salah satu makanan yang mengandung gizi sehat serta mampu meningkatkan kesuburan pria. lalu, bagaimana bisa ?

Melansir dari Boldsky, sebuah studi mengatakan bahwa masalah kesuburan mempengaruhi sekitar 48,5 juta pasangan di seluruh dunia. Penyebabnya bervariasi. Masalah intrinsik dianggap sebagai penyebab utama infertilitas pria seperti kanker atau kelainan bawaan. Ada pula faktor penurunan kualitas air mani ditemukan pada pria dewasa yang sehat.

Dalam kasus seperti ini, faktor gaya hidup seperti kurang aktivitas fisik, pola makan, status sosial ekonomi, pekerja, pola tidur, kebiasaan merokok dan lingkungan memainkan peran penting. Kurang nutrisi juga bisa mengakibatkan masalah kemandulan.

Tak dimungkiri pola makan berperan penting dalam menentukan status gizi yang berkaitan dengan fungsi reproduksi.

Sebuah penelitian menyebut makanan seperti ikan, seafood, sereal,unggas, produk susu rendah lemak, buah-buahan, dan sayuran seperti wortel cenderung meningkatkan kualitas sperma dan kesuburan pria. Sedangkan jenis makanan termasuk alkohol, kafein, keju, produk susu berlemak jenuh, minuman manis, daging olahan, dan kedelai diketahui menurunkan kualitas air mani.

Bagaimana wortel bisa meningkatkan kesuburan pria?

Sebuah penelitian menemukan sekitar 30-80 persen subfertilitas pria disebabkan kerusakan akibat stres oksidatif pada sperma. 1 dari 20 pria mengalami ini. Antioksidan dalam sayuran dan buah efektif meningkatkan kesuburan dan kualitas sperma dengan cara membasmi radikal bebas penyebab kerusakan oksidatif.

Wortel merupakan sumber antioksidan, vitamin dan mineral penting lain. Dalam 100 gram wortel mengandung 4 miligram vitamin C dan 50 persen betakaroten. Keduanya memainkan peranan penting dalam memastikan kualitas sperma. Antioksidan akan mengurangi kerusakan oksidatif, peradangan kronis dan kerusakan DNA. Wortel juga membantu mencegah ejakulasi dini karena kandungan karotenoid dan membantu menguatkan otot organ intim.

Studi acak menunjukkan pria subfertil diobati dengan suplementasi antioksidan termasuk wortel untuk kesuburan pria maka angka kelahiran hidup dan kehamilan meningkat. Hanya sedikit informasi seputar peningkatan risiko keguguran dan kemungkinan efek samping lainnya.

Studi lain menyebut asam folat, vitamin D, dan asam lemak omega-3 juga berperan dalam peningkatan kesuburan pria. Nutrisinya yang kaya juga meningkatkan kualitas air mani dan sperma. Namun bukan berarti hanya dengan konsumsi wortel, kesuburan otomatis meningkat. Anda perlu mengkombinasikan dengan aktivitas fisik yang baik, berhenti merokok, juga diet yang tepat. Jadi berdasarkan penelitian, wortel bisa meningkatkan kesuburan pria.

Baca juga: 3 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Setelah Berhubungan Seks

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − twelve =