HomeGaya HidupKesehatanInilah Penyebab Kaum Muda Bisa Terkena Penyakit Jantung

Inilah Penyebab Kaum Muda Bisa Terkena Penyakit Jantung

PurnaWarta — Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang mematikan penderitanya. Dulu penyakit jantung menyerang para lansia namun di jaman sekarang karena pola dan gaya hidup yang tak sehat, penyakit jantung bisa menyerang kaum muda.

Dilansir dari Kaskus, Penyakit jantung selama ini identik dengan orang tua atau lanjut usia. Nyatanya, ancaman dari serangan jantung juga bisa menyasar anak muda seperti TS ini contohnya. Ancaman serangan jantung begitu nyata, tapi sayang terkadang luput dari perhatian anak muda.

Padahal, penyakit ini bisa dibilang salah satu penyakit yang mematikan. Bisa menyebabkan kematian mendadak yang tidak disangka-sangka. Untuk itu, sebagai anak muda kita harus lebih memperhatikan lagi kebiasaan yang menyebabkan serangan jantung. Dan harus lebih menerapkan gaya hidup.

1. Makanan Tidak Sehat

5 Kebiasaan Yang Sebabkan Serangan Jantung Di Usia Muda! No. 5 Sering Kita Lakukan!

Kadang kita makan makanan sembarangan dan tidak memikirkan kesehatan. Sering makan makanan berkolesterol tinggi dapat menyebabkan serangan jantung. Zat seperti kolesterol dapat menumpuk di dinding pembuluh darah arteri dan mengeras. Akibatnya, aliran darah ke jantung jadi tersumbat dan terjadilah serangan jantung itu.

Makanan cepat saji atau junk food jadi salah satu yang menyebabkan kolesterol tinggi. Lalu jeroan dan goreng-gorengan juga berpengaruh. Jadi, kalau bisa jangan terlalu sering dan imbangi dengan makanan sehat lainnya.

2. Stres

5 Kebiasaan Yang Sebabkan Serangan Jantung Di Usia Muda! No. 5 Sering Kita Lakukan!

Masih muda mikirin apa sih kawan? Santai sajalah. Jangan overthinking mulu. Apalagi sampai stres, bisa jadi penyebab serangan jantung lho! Keadaan stres yang kronis dapat meningkatkan tekanan darah pada tubuh kita. Jika tekanan darah terlalu tinggi dan didiamkan begitu saja dapat menyebabkan serangan jantung.

Jadi, jangan stress-streslah. Kalau memang harus healing, ya silakan healing demi kesehatan jiwa dan raga kita. Ada benarnya juga kalau penyakit kadang datang dari diri sendiri. Makanya jangan stress!

3. Minum Alkohol Berlebihan

5 Kebiasaan Yang Sebabkan Serangan Jantung Di Usia Muda! No. 5 Sering Kita Lakukan!

Alkohol juga jadi salah satu penyebab terjadinya serangan jantung di usia muda. Itulah mengapa sebaiknya minuman ini dihindari saja. Mengkonsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang memicu serangan jantung hingga kerusakan pada pembuluh arteri seiring berjalannya waktu.

Kurang-kurangi atau kalau bisa stop deh minum minuman beralkohol. Minum minuman yang bermanfaat saja bagi kesehatan seperti susu.

4. Kurang Gerak

5 Kebiasaan Yang Sebabkan Serangan Jantung Di Usia Muda! No. 5 Sering Kita Lakukan!

Mana nih yang hobi rebahan seharian? Hal ini juga bisa sebabkan serangan jantung lho! Saat tubuh tidak aktif bergerak, maka lemak pun tidak bisa dikonversi menjadi energy. Alhasil, terjadilah lonjakan lemak dan kolesterol jahat yang menumpuk di dinding pembuluh darah jantung. Minimal lakukanlah aktivitas fisik 60 menit dalam sehari.

Pikir aja sendiri, banyak makan tapi malas bergerak. Lalu lemak-lemak yang harusnya jadi energy jadi tidak terpakai dan malah menumpuk. Apalagi yang seharian malas gerak karena kecenderungan dengan gadget.

5. Begadang

5 Kebiasaan Yang Sebabkan Serangan Jantung Di Usia Muda! No. 5 Sering Kita Lakukan!

Begadang apalagi sampai kurang tidur juga berdampak bagi kesehatan jantung. Begadang dapat memicu penumpukan kalsium di pembuluh darah. Kalsium yang menumpuk lama-kelamaan bisa menjadiplak yang bisa terlepas lalu menyumbat pembuluh darah ke jantung dan otak.

Organ tubuh kita juga butuh istirahat, salah satunya jantung. Jadi lebih baik sempatkan waktu untuk tidur. Selain serangan jantung, begadang juga bisa sebabkan stroke.

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen + 16 =