HomeGaya HidupKesehatanBahaya Menahan Kencing di Tengah Malam untuk Para Paruh Baya

Bahaya Menahan Kencing di Tengah Malam untuk Para Paruh Baya

Purna Warta — Para paruh baya mungkin sering mengalami harus bangun tidur di tengah malam hanya untuk buang air kecil. Kadang hal ini mengganggu mereka. Namun, ternyata menurut penelitian, buang air kecil di tengah malam merupakan sesuatu yang menyehtakan bahkan berbahaya jika tidak dilakukan.

Seorang dokter Amerika memberi tahu kita bahwa Nocturia, masalah jantung, dan infark otak.  Gejala yang paling umum pada orang paruh baya dan lanjut usia adalah nocturia (terbangun di malam hari untuk buang air kecil).

Karena kencing di malam hari, para lansia takut minum air sebelum tidur.  Mereka tidak tahu bahwa tidak minum air sebelum tidur, bangun tengah malam untuk buang air kecil tanpa air minum adalah penyebab penting infark otak pagi pada orang paruh baya dan lanjut usia.  Padahal, nokturia bukanlah masalah disfungsi kandung kemih.

Nocturia disebabkan oleh kegagalan penuaan fungsi jantung pada lansia, dan ketidakmampuan atrium kanan jantung untuk menghisap darah dari tubuh bagian bawah.  Pada siang hari, kita semua dalam posisi berdiri, darah akan mengalir ke bawah.

Jika jantung tidak baik, volume darah jantung tidak mencukupi, tekanan pada tubuh bagian bawah akan meningkat, sehingga orang paruh baya dan lanjut usia akan mengalami edema tubuh bagian bawah pada siang hari.  Ketika mereka berbaring di malam hari, tekanan pada tubuh bagian bawah akan berkurang dan banyak air menumpuk di jaringan. Air kembali ke darah.

Jika terlalu banyak air, ginjal akan bekerja keras untuk memisahkan air dan mengalirkannya ke kandung kemih, menyebabkan nocturia.  Oleh karena itu, biasanya dibutuhkan waktu sekitar tiga atau empat jam setelah berbaring untuk bangun dan pergi ke toilet untuk pertama kalinya.  Setelah itu, air di dalam darah terus meningkat.  Jadi setelah 3 jam lagi, mereka harus ke toilet lagi.

Mengapa ini merupakan penyebab penting dari infark serebral dan infark miokard?  Karena setelah dua atau tiga kali buang air kecil, air di dalam darah sangat berkurang.  Tubuh juga terus kehilangan air melalui pernapasan.  Darah kemudian mulai menjadi kental dan lengket, dan detak jantung melambat karena metabolisme tubuh yang rendah selama tidur.

Dengan darah yang kental dan aliran darah yang lambat, stenosis pembuluh darah mudah tersumbat . Inilah mengapa orang paruh baya dan lanjut usia hampir selalu mengalami infark miokard atau infark serebral pada jam 5 atau 6 pagi. Keadaan ini akan mengakibatkan kematian saat tertidur.

Hal pertama yang harus diberitahukan kepada semua orang adalah bahwa nokturia bukanlah kerusakan fungsi kandung kemih, tetapi masalah penuaan jantung.

Hal kedua yang harus diberitahukan kepada semua orang adalah bahwa Anda harus minum air hangat sebelum tidur, dan Anda harus minum air hangat setelah bangun di tengah malam untuk buang air kecil. Jangan takut nocturia, karena yang tidak minum air hangat yang bisa merenggut nyawa.

Hal ketiga adalah Anda harus berolahraga lebih banyak di waktu normal untuk memperkuat fungsi jantung.  Tubuh manusia bukanlah mesin. Sebuah mesin akan haus bila sering digunakan, tetapi tubuh manusia akan menjadi yang sebaliknya.  Ini akan menjadi lebih kuat bila sering digunakan.  Jangan makan makanan yang tidak sehat, terutama yang tinggi pati dan gorengan.

Baca juga: 3 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Setelah Berhubungan Seks

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen − six =