HomeGaya HidupKesehatan5 Efek Negatif Jika Minum Air Lemon Berlebihan

5 Efek Negatif Jika Minum Air Lemon Berlebihan

Purna Warta – Mengkonsumsi jenis makanan apapun harus secara normal dan tidak berlebihan sehinga tidak menimbulkan efek buruk dan negatif terhadap tubuh. Begitu pula, jika kita minum air lemon terlalu banyak.

Berikut bahaya terlalu banyak konsumsi air lemon, mengutip Insider.

1. Merusak gigi

Lemon sangat bersifat asam. Jika dikonsumsi terlalu sering, American Dental Association mencatat, keasaman pada lemon perlahan dapat mengikis enamel gigi Anda.

Untuk mengatasi paparan asam berlebih pada gigi, Anda bisa mencoba meminum air lemon dengan menggunakan sedotan. Anda juga disarankan untuk tidak menyikat gigi segera setelah mengonsumsi air lemon dan minum banyak air putih.

2. Memicu sakit perut

Air lemon memang diketahui bermanfaat untuk kesehatan usus dan keseluruhan sistem pencernaan. Namun, alih-alih menyehatkan, terlalu banyak perasan lemon justru dapat memperburuk beberapa gangguan pencernaan seperti GERD dan refluks asam.

Beberapa makanan asam seperti lemon dapat memicu timbulnya GERD dan refluks asam dengan menyebabkan mulas, mual, dan muntah.

3. Terpapar kuman dari kulit lemon

Banyak orang mengonsumsi air lemon dengan cara infused water atau mencelupkan potongan lemon ke dalam air dalam botol. Namun, cara itu berisiko memicu berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri pada kulit lemon.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Environmental Health menemukan, banyak lemon mengandung mikroorganisme, termasuk di antaranya beberapa bakteri penyebab penyakit yang ditemukan di kulit lemon.

Untuk meminimalisasi risiko, cukup gunakan perasan lemon dan campurkan dengan air hangat.

4. Memperparah sariawan

Sariawan akan semakin mengganggu dan menimbulkan rasa perih jika terlalu banyak terpapar air lemon. American Dental Association menyebut, hal ini disebabkan oleh zat asam pada lemon yang terlalu tinggi.

5. Menimbulkan migrain

Beberapa penelitian menemukan hubungan antara migrain dengan konsumsi buah-buahan jeruk, salah satunya lemon.

Sejumlah ahli saraf mengatakan, buah-buahan seperti lemon diketahui dapat memicu migrain dan sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh kadar tyramine yang tinggi dalam lemon. Tyramine sendiri merupakan senyawa alami yang sering dikaitkan dengan sakit kepala.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Penyebab Asam Lambung Kambuh

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven − 4 =