HomeInternasionalTimur TengahPenyelesaian Pembangunan Tembok Perbatasan 81 Km Turki dan Iran

Penyelesaian Pembangunan Tembok Perbatasan 81 Km Turki dan Iran

Ankara, Purna Warta – Menteri Dalam Negeri Turki mengumumkan selesainya pembangunan tembok perbatasan dengan Iran dan peningkatan faktor keamanan titik-titik perbatasan.

Menteri Dalam Negeri Turki mengumumkan penyelesaian pembangunan tembok perbatasan 81 kilometer dengan Iran.

Menurut surat kabar Hurriyet, Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu tweeted bahwa tembok sepanjang 81 kilometer, yang terletak di provinsi timur Turki Agri, telah selesai dibangun. Dalam tweetnya, Menteri Dalam Negeri Turki menyebutkan adanya peningkatan keamanan titik perbatasan negara dengan Iran setelah selesainya pembangunan tembok ini.

Turki berbagi perbatasan sepanjang 534 kilometer dengan Iran, yang sering ditantang oleh unsur-unsur PKK (Partai Pekerja Kurdistan Turki) karena imigrasi ilegal dan penyelundup, tetapi diharapkan dapat meningkatkan keamanan di sepanjang perbatasan tersebut.

Suleyman Soylu baru-baru ini mengatakan bahwa sebenarnya tembok ini dibangun untuk keamanan Turki. Di bagian lain pidatonya, ia menyebut pergerakan ilegal anggota PKK telah diindikasi berasal dari titik perbatasan.

PKK yang dianggap oleh Turki, Uni Eropa, dan Amerika Serikat sebagai kelompok teroris, melanjutkan konflik bersenjatanya dengan pemerintah pusat Turki setelah melanggar perjanjian gencatan senjata dengan Ankara. Menurut statistik pemerintah, sejauh ini lebih dari 40.000 orang kehilangan nyawa selama operasi serangan terhadap PKK.

Baca juga: Kini Donald Trump Incar Langit Tehran

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen − 8 =