HomeInternasionalTimur TengahJanji Dewan Kerjasama Teluk Persia dalam KTT di Al-Ula, Saudi

Janji Dewan Kerjasama Teluk Persia dalam KTT di Al-Ula, Saudi

Riyadh, Purna Warta – Selasa, 5/1, KTT satu hari Dewan Kerjasama Teluk Persia telah berlangsung di kota al-Ula, Arab Saudi. Di akhir konferensi, Dewan Kerjasama Teluk Persia mengeluarkan satu maklumat.

Dewan Kerjasama Teluk Persia membacakan pernyataan akhir perjanjian untuk tidak melanggar perbatasan satu sama lain ataupun mengincar keamanan negara satu dengan yang lainnya.

Dewan Kerjasama Teluk Persia menuntut dalam deklarasi tersebut untuk memperkuat peran Dewan Kerjasama Teluk Persia dengan memutuskan satu kesatuan kebijakan politik dan mengembangkan kerjasama strategis.

Mesir, meskipun bukan anggota Dewan Kerjasama Teluk Persia, hadir dalam KTT ini dan menandatangani resolusi konferensi Dewan yang ke-41 di al-Ula. Negara-negara anggota mengamati kebijakan Mesir ini sebagai langkah penguatan hubungan persaudaraan.

Dalam kesempatan ini, Sekertaris Dewan Kerjasama Teluk Persia mengucapkan selamat atas kemenangan Joe Biden dalam Pemilu AS dan menegaskan bahwa resolusi konferensi al-Ula akan melapangkan jalan penyempurnaan Dewan Kerjasama Teluk Persia.

Selain pihak Mesir, beberapa pihak asing juga hadir dalam konferensi ini. Jared Kushner, Penasihat Presiden AS, Avi Berkowitz, Asisten Presiden AS, Brian Hook, Penasihat khusus Kemenlu AS. Setelah pernyataan akhir konferensi diumumkan, Ivanka Trump dan Kemenlu AS langsung mengucapkan selamat.

Baca juga: Qatar-Saudi Berdamai dan Anggap Nuklir Iran Berbahaya

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × five =