HomeInternasionalAmerikaErdogan Katakan Penurunan Ketegangan Dengan Suriah Adalah Mungkin

Erdogan Katakan Penurunan Ketegangan Dengan Suriah Adalah Mungkin

Ankara, Purna Warta – “Sama seperti hubungan antara Turki dan Mesir yang terbentuk, hubungan dengan Suriah dapat mengikuti jalur yang sama di periode berikutnya,” kata Erdogan pada hari Minggu.

Dia mengacu pada proses normalisasi yang sedang berlangsung antara Turki dan Mesir, di mana Erdogan bertemu dengan timpalannya dari Mesir Abdel Fattah el-Sisi di Piala Dunia di Doha, Minggu lalu. Ankara memutuskan hubungannya dengan Kairo pada tahun 2013 sebagai protes atas tindakan keras yang terakhir terhadap para pengikut mendiang presiden Mesir Mohammed Morsi.

“Tidak ada ruang untuk perasaan keras dalam politik,” tudingan Erdogan.

Juru bicara kepresidenan Turki Ibrahim Kalin mengatakan bulan lalu bahwa Rusia telah menawarkan untuk menengahi pertemuan antara Erdogan dan Presiden Suriah Bashar Assad.

Erdogan mengatakan di awal bulan bahwa Ankara akan mempertimbangkan proposal tersebut pada waktunya.

Turki memutuskan hubungannya dengan Suriah pada Maret 2012, setahun setelah negara Arab itu berada dalam cengkeraman kekerasan yang merajalela dan sangat mematikan yang dilakukan oleh militan dan teroris yang didukung asing, termasuk yang diduga didukung oleh Ankara.

Sejak 2016, Turki juga telah melakukan tiga operasi darat besar terhadap militan yang didukung Amerika Serikat yang berbasis di Suriah utara.

Pemerintah Turki menuduh militan, yang dikenal sebagai Unit Perlindungan Rakyat (YPG), memiliki hubungan dengan kelompok teroris Partai Pekerja Kurdistan.

PKK telah mengobarkan perang separatis melawan Turki selama beberapa dekade. Ankara juga menuduh kelompok itu berada di balik serangan teroris yang menewaskan satu orang dan melukai 81 lainnya di Istanbul awal bulan ini.

Pekan lalu, Turki mulai meluncurkan babak baru serangan udara ilegal terhadap, apa yang disebutnya, tempat persembunyian milik PKK di Suriah utara dan Irak.

Must Read

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen − 3 =